Buah Tangan Blora untuk orang Terkasih

Buah Tangan Blora untuk orang Terkasih

Kota Blora akan dilalui jika Anda akan ke arah Jawa Timur dari Jawa tengah atau kebalikannya jangan lupa untuk membeli buah tangan khas.

Daerah ini bukan hanya mempunyai tempat wisata favorit, tetapi ada bermacam kue tradisionil, jajanan pasar.

Buah Tangan Blora untuk orang Terkasih

Beberapa makanan lain, dan minuman. Kota ini jadi salah satunya pemroduksi kayu jati yang mempunyai kualitas tinggi di Jawa tengah.

Rasanya belum komplet bila Anda lakukan perjalanan berkeliling-keliling di Kota Blora jika belum coba sedapnya hidangan kulineran yang ada dalam tempat ini. Ada beberapa pedagang di daerah ini, dimulai dari warung yang berada di pinggiran jalan, gerobak, atau restaurant.

Baca Juga: Tempat Indah di Ibukota Brazil

Anda pun jangan tertinggal untuk beli buah tangan ciri khas saat bertandang ke Blora. Ada bermacam menu yang bisa jadi opsi. Ada bermacam camilan atau berat yang dapat Anda peroleh. Souvenir menarik juga banyak dipasarkan di teritori ini. Di bawah ini beberapa opsi oleh-oleh yang bisa dibawa ketika pulang ke rumah.

  1. Kue Gendu

Kue gendu adalah salah satunya kudapan ciri khas Blora yang nyaris serupa kukis, namun di bagian dalam kue berisi buah durian. Selai durian yang jadi isian kue ini adalah durian produksi rumahan, di mana dibuat dari 100% daging buah durian yang telah masak prima di pohonnya langsung.

Durian sendiri jadi salah satunya bintang di Blora. Ada seputar 50 hektar kebun durian di kota ini. Banyak warga yang mencintai tipe durian saru, sebab buahnya yang mempunyai ukuran tidak demikian besar tetapi rasanya benar-benar unik. Daging buahnya tebal hingga rasa manis dari durian terasa sangat kuat, meskipun sedikit terdapat rasa pahit didalamnya.

Wujud kue ini serupa dengan ulat di pohon jati, hingga mempunyai panggilan kue ulat. Kue ini terhitung kue kering, hingga rasanya serupa dengan kue nastar yang cukup mengenyangkan. Harga yang dibanderol untuk pasarkan produk ini di pasar yakni sekitar Rp 5.000 sampai Rp 15.000 tiap jatahnya.

  1. Manco

Bila berekreasi ke Blora tidak boleh lupa dengan kulineran yang ini harus Anda membawa pulang untuk jadi buah tangan untuk orang terkasih.

Manco adalah kue tradisionil yang paling gampang dijumpai di pasar. Bahan khusus pengerjaan kue manco yaitu beras ketan yang diproses dengan demikian rupa hingga jadi jajanan yang sedap. Manco atau umum dikenali bernama peli kipu ini mempunyai cita-rasa yang renyah dan nikmat. Harga benar-benar dapat dijangkau, sekitar di antara Rp 8.000 sampai Rp 20.000 tiap buntelnya.

Manco jadi salah satunya kudapan harus pada acara acara di salah satunya daerah di Blora yakni Kradenan. Bahan yang dipakai untuk bikin yakni ketan dan wijen selaku taburannya. Manco benar-benar pas jika dikonsumsi bersama nasi kering goreng atau yang umum disebutkan karuk.

  1. Souvenir Barongan

Bila Anda berekreasi ke Blora karena itu bawa souvenir berbentuk Barongan bisa saja kenangan menarik. Barongan adalah salah satunya kesenian tradisionil yang kerap diperlihatkan baik di Jawa tengah atau daerah lainnya.

Di Blora, barongan bahkan jadi selaku design gantungan kunci. Ukir-pahatan pada gantungan kunci ini dibikin dengan detil seperti barongan memiliki ukuran besar.

Harga yang cukup dapat dijangkau di kantong, lho?

  1. Dumbeg

Dumbeg jadi salah satunya jajanan pasar yang mempunyai kekhasan tertentu.  Janur ini saat proses mengolah akan memberi wewangian ciri khas yang wangi pada dumbeg.

Dumbeg ini menjadi kudapan yang menjadi legenda lama. Beberapa bahan khusus yang dipakai untuk bikin dumbeg salah satunya tepung beras, garam, dan gula aren. Umumnya dumbeg ini dikasih tambahan potongan kelapa muda atau nangka untuk menambahkan cita-rasa jajanan tradisionil itu.

Kudapan ini selalu akan ada saat acara spesifik, misalkan sedekah bumi yang diadakan satu tahun sekali. Makanan ini mempunyai cita-rasa manis, hingga banyak dicintai oleh bermacam kelompok, dimulai dari beberapa anak sampai orang dewasa.

  1. Tape Sugihan

Nama Sugihan ini berawal dari salah satunya lokasi yang berada di Blora. Pada intinya tape adalah salah satunya makanan tradisionil yang gampang ditemui di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, untuk cita-rasa tape sugihan tidak kalah dari tape di wilayah lain.

Proses pengerjaan tape sugihan masih memakai bahan baku yang serupa, yakni singkong yang diproses lewat reaksi peragian. Kecuali singkong, beberapa produsen membuat tape memakai ketan. Cita-rasa yang ada pada tape ketan ini masih sama dengan tape singkong, yakni asam dan manis.

Pengerjaan tape di daerah Sugihan ini jadi rutinitas setiap hari warga di tempat. Ini karena pendapatan singkong dalam tempat ini melimpah ruah, hingga warga memiliki inisiatif untuk bikin olahan makanan memiliki bahan landasan singkong ini.

Supaya reaksi peragian dalam pengerjaan tape prima dan hasilkan wewangian yang sedap, memerlukan waktu lebih kurang 51 jam. Anda dapat memperolehnya pada harga Rp 3.000 sampai Rp 6.000 untuk tiap 10 buntel tape.

  1. Abon Lele

Ada bermacam bahan makanan yang bisa jadi abon, terhitung lele. Bila umumnya abon dibuat dari daging, Anda dapat coba kulineran abon yang ini.

Saat sebelum jadi abon, lebih dulu daging lele dilumatkan, selanjutnya dikeringkan supaya bisa tahan lama serta awet. Seperti abon sapi, rasa abon lele juga renyah dan benar-benar pas jadi lauk makan bersama nasi hangat. Disamping itu abon ini nikmat jadi cemilan.

Untuk harga, abon lele dibanderol pada harga yang semakin lebih dapat dijangkau dibandingkan abon daging. Harga jual yang dibanderol abon lele ini sekitar di antara Rp 10.000 sampai Rp 20.000.

  1. Gembol Jati

Gambol jati adalah salah satunya souvenir berupa meja, bangku, dan perlengkapan rumah yang lain yang dibikin memakai kayu jati yang dibuat dengan benar-benar cantik dan menarik. Gembol Jati ini bisa ditemui di daerah Kecamatan Jepon.

Sebab memakai bahan landasan kayu bermutu, jadi tidak bingung bila harga lumayan mahal. Tetapi, Anda tak perlu cemas sebab pengrajin sudah membuat furniture-mebel itu dengan kualitas yang tinggi.

  1. Kaos Samin

Kata Samin di inspirasi dari Samin Surasentika, seorang figur pahlawan periode dulu di Blora. Kaos ini memakai gambar figur itu di bagian depan. Baju ini memiliki nilai filosofi yang dalam. Warna hitam pada kaos ini memperlihatkan ada kesetaraan antara manusia. Kekayaan, kecerdasan, atau lainnya bukan satu ketidaksamaan.

Memakai kaos ini, diinginkan bisa kembali mengenang perjuangan figur Samin pada periode penjajahan Belanda, di mana beliau tidak memakai kekerasan. Pemerintahan Kabupaten Blora bahkan juga mengharuskan ASN untuk kenakan pakaian samin ini pada tiap hari Kamis minggu ke-4.

  1. Egg Roll

Sesuai namanya, kue ini dibikin memakai bahan landasan telur. Kudapan ini memiliki rasa yang gurih dan empuk. Anda dan keluarga bisa menikmatinya sekalian minum kopi atau teh sambil santai pada pagi atau sore hari.

Kecuali memiliki rasa yang sedap, egg roll adalah makanan yang bergizi, sebab tidak memakai bahan pengawet. Oleh karenanya, kulineran ini tidak dapat bertahan kelamaan. Seharusnya Anda selekasnya mengkonsumsinya sesampai di dalam rumah.

Kudapan ini berawal dari Dusun Cepu dan dipasarkan mulai harga Rp 13.500 sampai Rp 20.000 tiap kotaknya. Harga yang lumayan murah di kantong untuk satu kulineran yang sedap.

  1. Batik Blora

Banyak daerah di Indonesia, seperti Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta memiliki batik ciri khas. Meskipun Blora adalah kota kecil di Jawa tengah, mempunyai batik ciri khas yang elok. Kain ini gampang ditemui dalam tempat ini. Batik ini mempunyai harga yang beragam, bergantung pada bahan yang dipakai dan tingkat kesusahan pengerjaan.

Batik Blora memiliki keunikan yang menempel yakni warna yang diterapkan memvisualisasikan kearifan lokal yang berada di daerah itu. Begitupun pada corak yang dipakai yakni barongan, tayub, dan pohon jati.

Dijadikan barongan selaku salah satunya pola batik sebab bisa merepresentasikan budaya wilayah di tempat, agar lebih terkenal oleh warga dari bermacam pelosok. Corak ini dibikin dengan memperlihatkan sisi depan barongan dengan memperjelas di bagian air muka dan garis mata.

Bermacam jenis oleh-oleh yang sudah disebut sebelumnya bisa jadi pilihan opsi untuk dibagi ke keluarga, saudara, tetangga, atau rekan-rekan Anda. Anda tidak harus bertandang ke Kota Blora untuk beli oleh-olehan ciri khas, meskipun Anda cuman melaluinya, tidak ada kelirunya untuk singgah sesaat dan coba beberapa makanan yang yang unik dan nikmat.